{Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Anti Ribet

Kue Cucur Gula Merah. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Kue berwarna cokelat bernama kue cucur atau kuih cucur dalam bahasa Melayu ini sangat mudah ditemukan di pasar. Warna cokelat dari kue ini berasal dari gula merah yang menjadi campuran adonannya.

Kue Cucur Gula Merah Karena kue cucur hangat masih bertekstur lembut, berwarna cantik dan juga wangi gula merah yang khas. Berbeda jika menyantap kue cucur dingin (yang sudah di diamkan beberapa saat), biasanya tekstur. Kue cucur gula merah ini merupakan kue tradisional khas Betawi. Cara membuatnya tidak susah Kue Cucur Gula Merah menggunakan 7 bahan dan 5 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Kue Cucur Gula Merah

  1. Siapkan 125 gr tepung beras.
  2. Siapkan 100 gr tepung kunci biru.
  3. Dibutuhkan 125 gr gula merah.
  4. Dibutuhkan 50 gr gula pasir.
  5. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.
  6. Siapkan 2 lembar daun pandan.
  7. Siapkan 300 ml air (resep asli 200).

Cita rasanya begitu enak dan lezat, sehingga membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Tekstur kue yang satu berserat sehingga sangat memanjakan lidah. Kue cucur gula merah adalah jenis yang paling terkenal. Saring gula merah yang sudah didinginkan tadi (untuk menghilangkan kotoran dari gula merah), kemudian tambahkan ke dalam campuran antara tepung beras dan tepung terigu.

Cara Pembuatan Kue Cucur Gula Merah

  1. Siapkan bahan. Campurkan tepung beras dan tepung terigu. Rebus gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan hingga mendidih kemudian dingin air hingga hangat..
  2. Setelah hangat tuangkan air ke tepung sambil disaring sedikit demi sedikit aduk dengan whisk agar tidak bergerindil..
  3. Mixer adonan selama 5 menit dengan kecepatan rendah. Setelah itu tutup adonan dengan serbet dan piring diatasnya. Tunggu hingga 2 jam..
  4. Setelah 2 jam aduk adonan cek konsistensi bila tidak putus putus adonan sudah pas. Panaskan 7 sdm minyak. Tuang adonan keminyak (gunakan api kecil) tunggu bersarang lalu siram" minyak ke tengah adonan. Balik sebentar aja lalu balik lagi. Tiriskan kue cucur..
  5. Cucur gula merah siap disajikan...ini lembut empuk banget...manisnya juga pas..

Cara membuat kue cucur gula merah perlu ketelitian dan mengikuti resep dengan tepat. Setelah berhasil bikin kue cucur, bisa dijual. Kue cucur yang rasanya manis, empuk ditengah dan renyah dibagian pinggirnya ini adalah makanan tradisional dalam budaya Indonesia dan banyak ditemukan diberbagai daerah. Demikian cara membuat kue cucur gula merah. Jika masih pertama kali ini membuat, sebaiknya sesuaikan dulu bahan sesuai dengan takaran yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel