{Resep: Kue Cucur Gula Merah Kekinian

Kue Cucur Gula Merah. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Kue berwarna cokelat bernama kue cucur atau kuih cucur dalam bahasa Melayu ini sangat mudah ditemukan di pasar. Warna cokelat dari kue ini berasal dari gula merah yang menjadi campuran adonannya.

Kue Cucur Gula Merah Karena kue cucur hangat masih bertekstur lembut, berwarna cantik dan juga wangi gula merah yang khas. Berbeda jika menyantap kue cucur dingin (yang sudah di diamkan beberapa saat), biasanya tekstur. Kue cucur gula merah ini merupakan kue tradisional khas Betawi. Cara membuatnya tidak sulit Kue Cucur Gula Merah menggunakan 8 bahan dan 5 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Kue Cucur Gula Merah

  1. Dibutuhkan 125 gr tepung beras.
  2. Siapkan 100 gr tepung terigu.
  3. Dibutuhkan 125 gr gula merah.
  4. Siapkan 50 gr gula pasir.
  5. Siapkan 2 lembar daun pandan (saya skip).
  6. Siapkan 1/4 sdt garam.
  7. Dibutuhkan 200 ml air.
  8. Siapkan 200 ml minyak untuk menggoreng.

Cita rasanya begitu enak dan lezat, sehingga membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Tekstur kue yang satu berserat sehingga sangat memanjakan lidah. Kue cucur gula merah adalah jenis yang paling terkenal. Saring gula merah yang sudah didinginkan tadi (untuk menghilangkan kotoran dari gula merah), kemudian tambahkan ke dalam campuran antara tepung beras dan tepung terigu.

Langkah Pembuatan Kue Cucur Gula Merah

  1. Siapkan semua bahan, rebus gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan (jika pakai) masak hingga mendidih. sisihkan biarkan dingin.
  2. Di wadah lain siapkan tepung beras dan tepung terigu. Saring larutan gula kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil di Aduk agar tidak bergerindil..
  3. Mixer dengan speed rendah kurleb 5 menit. Tutup menggunakan serbet dan piring di atasnya, diamkan kurleb 2 jam..
  4. Setelah 2 jam cek konsistensi adonan. Jika tidak putus tanda adonan sudah pas. Panaskan minyak star dari api paling kecil. Tuang 1 sendok adonan cucur, tunggu bersarang lalu siram" minyak ke bagian tengah adonan. Balik sebentar saja lalu balik lagi. Angkat kue cucur dan tiriskan..
  5. Tata dipiring saji dan kue cucur siap di nikmati.. (cucur punyaku ga keluar jambulnya) 😁😁😁.

Cara membuat kue cucur gula merah perlu ketelitian dan mengikuti resep dengan tepat. Setelah berhasil bikin kue cucur, bisa dijual. Kue cucur yang rasanya manis, empuk ditengah dan renyah dibagian pinggirnya ini adalah makanan tradisional dalam budaya Indonesia dan banyak ditemukan diberbagai daerah. Demikian cara membuat kue cucur gula merah. Jika masih pertama kali ini membuat, sebaiknya sesuaikan dulu bahan sesuai dengan takaran yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel