{Resep: Kue Cucur Gula Merah (tanpa mixer) Untuk Pemula

Kue Cucur Gula Merah (tanpa mixer). #jajantradisional #jajanpasar #cucurgulamerah #gulajawa Resep kue cucur dengan campuran gula merah ini sangat cocok dipraktekkan oleh pemula, seperti saya. #kuecucur #kuecucurgulamerah #kuetradisional Hai semua.ketemu lagi di channel youtube atha naufal. di video ini mama atha mau buat KUE TRADISIONAL KUE. #kuecucur #kuecucurgulamerah #kuetradisional. Hai semua.ketemu lagi di channel youtube atha naufal. di video ini mama atha mau buat KUE TRADISIONAL KUE CUCUR GULA MERAH, nah ini rincian bahannya. Resep kue cucur gula merah berserat cantik TANPA mixer.

Kue Cucur Gula Merah (tanpa mixer) Kue Bolu Karamel Sarang Semut Anti Gagal Tanpa Mixer Dan Tanpa Oven. Kue cucur gula merah ini merupakan kue tradisional khas Betawi. Cita rasanya begitu enak dan lezat, sehingga membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Cara membuatnya cukup mudah Kue Cucur Gula Merah (tanpa mixer) menggunakan 9 bahan dan 12 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Kue Cucur Gula Merah (tanpa mixer)

  1. Siapkan Bahan kering :.
  2. Siapkan 75 gram tepung beras (7 sendok mujung).
  3. Siapkan 25 gram tepung terigu (3 sendok mujung).
  4. Dibutuhkan Bahan Cair :.
  5. Dibutuhkan 75 gram gula merah (2 buah ukuran bulat).
  6. Dibutuhkan 15 gram gula putih (1 sendok).
  7. Dibutuhkan 150 ml air.
  8. Siapkan 1/4 sendok garam.
  9. Dibutuhkan 2 lembar daun pandan (saya skip coz gak ada😀).

Tekstur kue yang satu berserat sehingga sangat memanjakan lidah. Kue cucur bisa kita temukan di pasaran. Sukses membuat Kue Cucur gula merah berserat. ►. Kue cucur gula merah adalah jenis yang paling terkenal.

Cara Pembuatan Kue Cucur Gula Merah (tanpa mixer)

  1. Buat larutan gula dengan mencampurkan bahan cair kemudian masak sampai mendidih, angkat lalu saring dan biarkan sampai hangat. Kalo saya pake larutan gula yang udah ada jadi tinggal dihangatkan saja..
  2. Ayak tepung beras dan tepung terigu kemudian campurkan larutan gula yang sudah hangat, aduk2 dengan wisk. Mixer dengan kecepatan rendah selama 3 menit, kalo saya gak ada mixer jadi diaduk cepat pake wisk selama 3-5 menit. Seperti ini hasilnya.
  3. Diamkan adonan selama 30 menit sambil ditutup serbet (aslinya didiamkan selama 1 jam)..
  4. Setelah 30 menit, adonan aduk lagi sebentar. Tuang 3 sendok minyak sayur ke dalam wajan cekung (jangan kebanyakan minyak nanti tidak muncul sarangnya). Ambil 1 centong adonan tuang ke minyak panas, setelah pinggirannya bersarang siram2 minyak ke bagian tengah sampai muncul kerucut/topi meksiko. Tes tusuk dengan lidi di bagian tengah, klo sudah tidak keluar adonan mentah berarti sudah matang, adonan langsung angkat tidak perlu dibalik..
  5. Kalo minyak di wajan sudah berkurang tambahkan minyak lagi supaya gampang saat menyiram, kalo saya setelah dapet 3 kue tambahkan 1-2 sendok minyak lagi. Begitu seterusnya sampai adonan habis..
  6. Tiriskan kue cucurnya di kertas atau tissue dengan posisi miring supaya minyaknya keluar..
  7. Topi meksikonya kurang muncul, maklum baru pertama bikin jadi kurang ahli saat menggoreng 🤦😂..
  8. Bagian bawah teksturnya kurang menul, hihihi.
  9. Bagian dalemnya bersarang, lembut dan legit tapi tidak alot. Enak dimakan pas masih hangat maupun dingin, yummie pokoknya😂😂😂.
  10. Hasil eksperimen : saat menyiram minyak ke bagian tengah harus dari semua sisi ya, kalo cuma dari satu sisi topi meksikonya miring, saya kurang gerak cepat jadi topinya banyak yang miring gak pas ditengah🙈😟. Wajan yang digunakan juga harus cekung supaya gampang saat menyiram, harus diperdalam nih teknik menggorengnya 😂..
  11. Note : gunakan wajan antilengket atau wajan khusus untuk menggoreng ya supaya adonan tidak menempel diwajan. Adonan jangan terlalu encer atau terlalu kental, adonannya memang ringan tapi agak berat. Kalo kekentelan boleh tambah air gula lagi, kalo keenceran tambah tepung lagi aduk lagi. Soalnya setiap orang berbeda saat menakar dengan sendok..
  12. Konversi ukuran : 1 sendok tepung beras = 10 gram, 1 sendok tepung terigu = 8 gram, 1 sendok gula pasir =15 gram..

Lihat juga resep Kue cucur dua warna enak lainnya. Cek resep Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah. Untuk membuatnya berserat, dibutuhkan teknik mencampur yang tepat. Dalam resep ini, wajib pakai alat mixer. Jika tanpa mixer, tidak berserat bagus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel